Connect with us

Tech

Instagram Marketplace Kreator: Peluang Baru bagi Kreator dan Brand

Published

on

Instagram Marketplace Kreator: Peluang Baru bagi Kreator dan Brand

(usmnews) – Platform jejaring sosial Instagram telah memperluas program marketplace kreator ke 10 negara baru, termasuk Indonesia, mulai pekan ini. Inisiatif ini menandai langkah maju Instagram dalam mendukung para kreator konten di seluruh dunia. Awalnya diuji coba secara terbatas di AS pada tahun 2022, program marketplace kreator ini akhirnya dapat dinikmati oleh para kreator di Tanah Air setelah dua tahun berlalu. Selain Indonesia, program ini juga diperluas ke Korea Selatan, Jerman, Belanda, Perancis, Spanyol, Israel, Turki, Meksiko, dan Argentina.

Tempat Bertemunya Brand dan Kreator

Marketplace kreator merupakan fitur khusus di dalam aplikasi Instagram yang memungkinkan brand dan kreator saling berhubungan dan mencari peluang kerja sama. Di sini, brand dapat mengirimkan proposal kerja sama kepada para kreator. Proposal tersebut mencakup deskripsi proyek kerja sama beserta detailnya, termasuk nominal pembayaran yang ditawarkan.

Menurut informasi dari laman Help Instagram, untuk bergabung dalam program ini, pembuat konten harus berusia minimal 18 tahun, memiliki akun profesional atau bisnis, dan memenuhi persyaratan jejaring sosial, seperti memiliki “pengikut yang signifikan”. Meskipun demikian, Meta, pemilik Instagram, tidak merinci jumlah pengikut yang diperlukan untuk memenuhi kriteria tersebut.

Proses Kerja Sama

Setelah bergabung dengan program ini, kreator dapat menentukan topik yang diminatinya agar bisa diperhatikan oleh brand atau perusahaan. Mereka juga dapat melihat proposal kerja sama melalui kotak masuk “pesan kemitraan”. Perusahaan atau brand dapat menemukan kreator yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan memanfaatkan filter lanjutan, metrik terverifikasi, dan kemampuan pencarian langsung dari akun bisnis mereka.

Perusahaan atau brand juga memiliki kesempatan untuk mengunggah proyek mereka di marketplace kreator. Kemudian, kreator dapat mendaftar untuk bergabung dalam proyek tersebut. Setelah cocok, brand dapat melacak kemajuan proyek, termasuk kapan konten telah diposting oleh kreator. Konten hasil kerja sama ini akan ditandai sebagai “Sponsored” dan akan menggunakan fitur “Tag Collaboration” agar muncul di dua akun yang berbeda, milik kreator dan brand.

Dengan marketplace kreator, Instagram memberikan sarana yang lebih terstruktur bagi kreator dan brand untuk berkolaborasi, membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi di ranah digital. Diharapkan, inisiatif ini akan memperkaya konten yang ditawarkan kepada pengguna dan memajukan ekosistem kreator konten secara keseluruhan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *