Lifestyle
Generasi Z Taiwan Pilih Wisata Solo dan Terinspirasi Media Sosial

Taipei (usmnews) – Sebuah survei yang dilakukan oleh platform perjalanan wisata Booking.com menunjukkan bahwa para pelancong Taiwan dari Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997-2012, cenderung lebih menyukai perjalanan solo dan sangat dipengaruhi oleh film, acara televisi, serta media sosial dalam memilih destinasi wisata mereka.
Menurut survei yang dipublikasikan pada Minggu (25/8), sebanyak 71 persen responden muda di Taiwan memilih destinasi wisata berdasarkan lokasi yang ditampilkan dalam film dan acara televisi favorit mereka. Keinginan untuk menandai lokasi mereka di media sosial atau “check in” di tempat-tempat ikonik tersebut menjadi alasan utama mereka memilih destinasi tersebut, termasuk mengunjungi restoran atau hotel yang sama seperti yang ada di layar.
Hampir 70 persen responden mengaku mendapatkan inspirasi wisata melalui media sosial, baik dari pengalaman wisata yang dibagikan oleh teman dan keluarga, maupun ide-ide yang mereka kumpulkan dari berbagai platform.
Survei ini juga mengungkapkan bahwa kalangan muda Taiwan menghargai waktu untuk memanjakan diri sendiri selama perjalanan wisata mereka. Hampir separuh dari responden tersebut melaporkan telah melakukan perjalanan solo dalam enam bulan terakhir, dan 71 persen lainnya berencana melakukan perjalanan solo pada tahun depan.
Selain itu, 60 persen responden lebih memilih untuk menghindari musim puncak perjalanan. Mereka juga memprioritaskan pengalaman perjalanan yang unik, seperti naik balon udara atau terjun payung, selain hanya mengunjungi atraksi wisata, menurut laporan survei tersebut.
Huang De-zhen, manajer umum di sebuah agen perjalanan di Taiwan, menyatakan kepada Xinhua bahwa banyak kaum muda yang tertarik dengan informasi mengenai perjalanan wisata ke China Daratan, terutama lokasi-lokasi ikonik yang ditampilkan dalam drama televisi, khususnya drama-drama berlatar masa lampau.
“Banyak dari mereka yang menjadi tertarik dengan beberapa tempat di China Daratan setelah melihat video promosi wisata dan unggahan dari blogger perjalanan di platform media sosial seperti TikTok dan Xiaohongshu,” kata Huang. Di kutip dari Antara.
Pada Taipei Summer Travel Expo 2024 yang diadakan pada Juli lalu, Asosiasi Pertukaran Pariwisata Lintas Selat Taiwan yang berbasis di China Daratan meluncurkan proyek promosi yang menampilkan drama populer “To the Wonder” untuk memasarkan wisata ke Daerah Otonom Uighur Xinjiang yang indah di China barat laut. Proyek ini berhasil menarik minat masyarakat lokal untuk mencari tahu lebih lanjut tentang pariwisata di Xinjiang.