Business
BSI: 97,9 persen nasabah gunakan layanan digital BSI bertransaksi

Jakarta (usmnews) – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) melaporkan peningkatan jumlah pengguna BSI Mobile yang mencapai 7,12 juta nasabah per Juni 2024. Angka ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 33,9 persen secara tahunan, dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 3,26 juta pengguna.
Senior Executive Vice President (SEVP) Digital Banking BSI, Saut Parulian Saragih, menyatakan bahwa BSI terus berinovasi untuk memperkuat BSI Mobile sebagai platform yang memenuhi kebutuhan nasabah. “Per Juni 2024, jumlah pengguna BSI Mobile mencapai 7,12 juta nasabah atau tumbuh 33,9 persen secara tahunan. Ini membuktikan bahwa BSI Mobile diminati dan sudah dapat menjawab kebutuhan sebagian besar nasabah,” kata Saut dalam keterangan tertulis pada Senin, 5 Agustus 2024.
Untuk menjadi bank syariah terbaik, Saut menambahkan, BSI perlu memiliki platform mobile banking yang unggul. Platform ini diharapkan mampu mendukung layanan keuangan ekosistem islami yang terintegrasi dan meningkatkan penetrasi nasabah digital. “Tentu saja, BSI terus berinovasi agar BSI Mobile bisa menjadi ujung tombak layanan transaksi setiap nasabah.”
Saut menyebutkan, saat ini peluang tersebut sangat terbuka mengingat tingginya permintaan masyarakat terhadap produk dan layanan berbasis syariah. Selain itu, ada pula dukungan besar dari pemerintah untuk menjadikan perbankan syariah sebagai salah satu pemain utama dalam perbankan tanah air, serta pertumbuhan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan wealth management. “Ini menjadi peluang besar bagi BSI untuk terus tumbuh dan berkembang,” tuturnya.
Per Juni 2024, sebanyak 97,9 persen nasabah BSI sudah menggunakan layanan digital BSI untuk bertransaksi keuangan, sementara sisanya 2,1 persen nasabah masih memilih bertransaksi di kantor cabang. Dalam hal pembukaan rekening, sebanyak 94,4 persen calon nasabah melakukan pembukaan rekening secara daring melalui BSI Mobile.
Untuk transaksi digital lewat QRIS, BSI mencatatkan kenaikan 212 persen secara tahunan dengan jumlah 14,13 juta transaksi per Juni 2024. Sedangkan untuk transaksi QRIS Masjid meningkat sebesar 165 persen secara tahunan dengan jumlah 14,42 juta transaksi.
Pada transaksi digital melalui layanan BI Fast, juga tercatat kenaikan 51 persen dengan volume 46,5 juta transaksi. Transaksi Tabungan Haji via BSI Mobile mengalami kenaikan 98 persen secara tahunan dengan 26,7 juta transaksi. Terakhir, pembayaran digital BSI ke institusi tumbuh 53 persen dengan volume 3,4 juta transaksi.