Business
BRI Terapkan Strategi Pengelolaan Nasabah Berbasis Piramida
Jakarta, (usmnews)– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menerapkan strategi pengelolaan segmen nasabah berbasis piramida. Strategi ini menargetkan segmen mikro dan ultra mikro di dasar piramida, segmen menengah di lapisan tengah, serta segmen korporasi di puncaknya.
Dirut BRI Sunarso menegaskan segmen mikro dan ultra mikro sebagai fokus utama dalam pengembangan usaha dan pembiayaan. BRI mengalokasikan sumber daya untuk inovasi layanan keuangan, pelatihan kewirausahaan, dan pendampingan usaha guna memperkuat ekonomi rakyat.
“Ini sejalan dengan misi kami untuk memperkuat perekonomian masyarakat,” ujar Sunarso dalam keterangan resmi, Jumat (7/2/2025). Di lapisan tengah, BRI fokus pada segmen menengah yang menawarkan pertumbuhan stabil. Sebaliknya, segmen korporasi di puncak piramida memiliki jumlah nasabah lebih kecil, tetapi berkontribusi besar terhadap portofolio kredit dan pembangunan nasional.
Sunarso menambahkan bahwa permintaan kredit UMKM sangat bergantung pada daya beli masyarakat. Ketika daya beli melemah, permintaan kredit mikro cenderung turun. BRI menerapkan strategi “slowing down” untuk menyesuaikan kredit mikro dan memperkuat segmen menengah serta konsumer.
“Dengan strategi berbasis piramida dan transformasi digital, BRI optimistis dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” tutup Sunarso.