Connect with us

Tech

Telkomsel Tingkatkan Kualitas Layanan dengan Hyper AI

Published

on

Telkomsel Tingkatkan Kualitas Layanan dengan Hyper AI

Baca juga berita yang lain : Tech

Jakarta (usmnews) – Telkomsel telah mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dikenal sebagai Hyper AI di seluruh operasional jaringan dan layanan pelanggan. Langkah ini bertujuan untuk memastikan proses deteksi, penanganan masalah jaringan, serta respon terhadap keluhan pelanggan dapat berjalan lebih efisien dan maksimal. Implementasi Hyper AI dimulai pada tahun lalu dan sudah diterapkan di berbagai acara besar di Indonesia, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara pada 9-20 September.

Menurut VP Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu, Hyper AI mampu menjalankan otomatisasi dan optimasi jaringan tanpa campur tangan manusia, dengan total 298 tugas per hari selama PON XXI. Teknologi ini diterapkan di 139 titik penting, seperti venue olahraga, jalan utama, serta tempat tinggal atlet. “Pada PON XXI 2024, Hyper AI berhasil mengurangi tugas optimasi manual hingga 97 persen,” ungkap Galumbang dalam acara pengenalan Hyper AI di Telkomsel Smart Office, Kamis (26/9/2024). Ia menambahkan bahwa penggunaan AI mempercepat penanganan masalah hingga 9 kali lipat dan menurunkan jumlah komplain terkait gangguan jaringan sebanyak 4 persen dibandingkan dengan acara serupa di tahun sebelumnya.

Selain PON XXI, Hyper AI juga diimplementasikan dalam Upacara 17 Agustus di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur. Di sini, Hyper AI menangani 226 tugas optimasi per hari di 33 titik penting. Teknologi ini mampu mengurangi tugas manual hingga 95 persen, mempercepat penanganan masalah 5 kali lipat, dan mengurangi keluhan pelanggan sebesar 25 persen.

Di luar itu, Hyper AI juga digunakan dalam momen besar lainnya seperti Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 serta Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024. Pada Nataru 2023, Hyper AI menjalankan 3.224 tugas optimasi, menurunkan tugas manual hingga 60 persen, dan mempercepat penyelesaian masalah 4,8 kali lipat. Sedangkan pada RAFI 2024, Hyper AI menyelesaikan 4.698 tugas, dengan penurunan tugas manual hingga 90 persen dan penyelesaian masalah 6 kali lebih cepat.

“Hyper AI hadir di berbagai acara penting untuk meningkatkan kualitas jaringan dan pelayanan pelanggan. Dengan adanya teknologi ini, Telkomsel dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggannya,” pungkas Galumbang.

Update terus berita terkini! Kunjungi halaman usmtv.id
Artikel mengenai Telkomsel Tingkatkan Kualitas Layanan dengan Hyper AI dapat Anda temukan pada Tech dan di tulis oleh Andri