Tech
Telkom Tingkatkan Kecakapan Digital BPD Kalimantan

Jakarta, (usmnews) – PT Telkom Indonesia melatih SDM beberapa BPD di Kalimantan untuk bersaing di ekosistem perbankan digital. Pelatihan ini membantu bank lokal menjadi lebih kompetitif dalam menjaga perekonomian rakyat dengan dukungan teknologi digital.
EVP Divisi SOE Service Telkom, Dedy Mardhianto, menegaskan peran strategis BPD dalam perekonomian daerah. BPD harus mengadopsi layanan digital agar lebih mudah terakses dan bersaing dengan bank nasional, swasta, serta fintech.
Telkom Regional 4 Kalimantan dan Divisi SOE Service Telkom mengadakan lokakarya dengan BPD, termasuk Bank Kalbar, Bank Kaltimtara, Bank Kalsel, dan Bank Kalteng. Dalam pelatihan ini, para peserta mempelajari berbagai layanan digital dan teknologi terkini yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan perbankan. Teknologi yang diperkenalkan mencakup komunikasi data, keamanan siber, SD-WAN, M2M, VSAT, Astinet, core banking, dan data center.
Selain itu, Telkom juga mengenalkan inovasi digitalnya yang mencakup Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service. Teknologi ini mendukung operasional perbankan agar lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan nasabah digital.
Direktur Operasional Bank Kalsel, Abdurahim Fiqry, mengapresiasi kolaborasi ini dan berharap kerja sama ini memperkuat peran BUMN di ekonomi daerah. “Dengan kolaborasi produktif ini, kami optimistis perekonomian rakyat di daerah dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha serta masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Adopsi solusi digital membantu BPD Kalimantan meningkatkan efisiensi, memperluas layanan, dan tetap relevan bagi generasi muda. Langkah ini juga memperkuat daya saing BPD di Indonesia di tengah persaingan ketat perbankan.