Tech
RedNote: Aplikasi Pengganti TikTok yang Populer

Jakarta (usmnews) – RedNote meningkatkan popularitasnya di Amerika Serikat menjelang pemblokiran TikTok. Pada Senin (13/1), RedNote berhasil meraih posisi teratas sebagai aplikasi gratis paling banyak diunduh di Apple App Store AS.
Sebagai platform gaya hidup, RedNote memungkinkan penggunanya berbagi pengalaman hidup dan mencari inspirasi. Pengembang RedNote bertujuan menjadikan platform ini tempat bagi pengguna untuk menemukan pengalaman hidup yang menarik dan bermanfaat.
Pengguna TikTok bermigrasi ke RedNote dalam jumlah besar menjelang pemblokiran TikTok di AS. RedNote menawarkan fitur yang mirip dengan TikTok, seperti video pendek dan komunitas yang aktif. Namun, RedNote juga menonjolkan aspek gaya hidup, seperti ulasan produk dan pengalaman belanja yang dapat menginspirasi penggunanya.
Selama pandemi Covid-19, RedNote berkembang pesat di kalangan pengguna muda di China. Saat ini, 79% dari total 300 juta pengguna aktif bulanan RedNote berasal dari kalangan tersebut. Fitur sosial commerce dan fokus pada pembangunan komunitas juga semakin memperkuat popularitas RedNote.
RedNote berhasil mengumpulkan dana sebesar US$917 juta dari investor besar seperti Tencent, Alibaba, dan Sequoia China. Pada tahun 2024, RedNote diproyeksikan memiliki valuasi sebesar US$17 miliar dan keuntungan yang diperkirakan akan melebihi US$1 miliar.
Meskipun dimiliki oleh perusahaan asal China, RedNote tumbuh pesat di AS karena pengguna mengutamakan konten yang menarik dan komunitas yang aktif. RedNote menawarkan konten video pendek yang mirip dengan TikTok, serta berbagai konten gaya hidup lainnya seperti foto, ulasan mendalam, dan diskusi komunitas.
Dengan segala fitur dan inovasi yang ditawarkan, RedNote meningkatkan posisinya sebagai pesaing potensial TikTok. Seiring dengan terus berkembangnya popularitasnya, RedNote siap menjadi pilihan utama bagi pengguna yang mencari platform media sosial dengan konten yang beragam dan komunitas yang dinamis.