Tech
MMA Innovate Indonesia 2025
Jakarta, (usmnews) – Hotel Park Hyatt, Jakarta, menjadi tuan rumah penyelenggaraan MMA Innovate Indonesia 2025.Adapun dalam pembahasan tahun ini, potensi transformasi AI dan teknologi sedang berkembang untuk kampanye Ramadan di 2025 menjadi sorotan.
Chairman MMA Global Indonesia, Sutanto Hartono, mengungkapkan bahwa aktivitas konsumsi konten meningkat sekitar 15 hingga 20 persen selama Ramadan, berdasarkan catatan dari tahun ke tahun.
“Di platform digital, jumlah itu juga hampir sama. “Orang menghabiskan 15–20 persen lebih banyak waktu mengonsumsi konten digital,” ujar Sutanto di MMA Innovate Indonesia, Jakarta (22/1/2025).
Selain itu, di masa ini pula, konsumen biasanya lebih banyak menghabiskan uangnya. Dari data terkini, menurut Sutanto, barang-barang konsumsi terutama kebutuhan pribadi mengalami lonjakan sekitar 30 hingga 40 persen selama Ramadan.
“Jadi, ini juga tergambarkan dalam pengeluaran iklan. Managing Director Emtek, Sutanto Hartono, dengan penuh keyakinan menegaskan bahwa Ramadan adalah peluang emas yang wajib dimanfaatkan untuk belanja iklan.
Ia mendesak para pemasar untuk menjadikan Ramadan sebagai momen krusial dalam memastikan produk dan layanan mereka mengungguli para pesaing.
Selain Ramadan, topik lain yang tidak kalah penting dalam event MMA kali ini adalah soal adalah adopsi AI. Menurut Sutanto, tantangan lain yang juga perlu mendapat perhatian adalah cara adopsi AI yang lebih agresif di tahun ini.