Tech
Instagram dan X Rilis Fitur Mirip TikTok, Terkait Pemblokiran di AS?

Jakarta (usmnews) – Instagram dan X baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang meniru TikTok. Instagram memperkenalkan aplikasi Edits, yang mirip dengan CapCut milik ByteDance, induk TikTok. Adam Mosseri, Bos Instagram, menyatakan bahwa mereka ingin menyediakan alat kreatif yang dapat digunakan di berbagai platform, bukan hanya Instagram. Langkah ini tampaknya bertujuan menarik lebih banyak pengguna, mengingat ketidakpastian tentang masa depan TikTok di Amerika Serikat.
Meta juga mengubah tampilan Instagram dengan menambahkan grid foto persegi panjang yang mirip dengan halaman profil TikTok. Selain itu, Instagram meningkatkan durasi video Reels dari 90 detik menjadi tiga menit, mengikuti langkah TikTok yang lebih dulu mendorong video panjang pada 2023. Mosseri menjelaskan bahwa mereka mendengarkan umpan balik pengguna yang menginginkan durasi lebih panjang untuk berbagi cerita yang lebih mendalam.
Sementara itu, X meluncurkan tab video di aplikasinya untuk mempermudah pengguna mengakses konten video pendek. X juga semakin fokus pada pengalaman video, seperti terlihat pada peluncuran aplikasi TV mandiri tahun lalu untuk menampilkan video dari berbagai kreator. Langkah ini menunjukkan bahwa X berusaha meniru kesuksesan TikTok dan menarik pengguna yang lebih suka menonton video.
Meskipun Instagram dan X berusaha menarik pengguna TikTok, hasilnya masih belum jelas. Beberapa pengguna TikTok lebih memilih beralih ke RedNote, aplikasi asal China yang semakin populer. Di sisi lain, unduhan Instagram hanya meningkat sedikit meski ada peralihan pengguna TikTok. Pesaing TikTok ini tampaknya masih perlu berusaha lebih keras untuk menggantikan platform video asal China tersebut.