Tech
Indosat, Telkomsel, XLSMart Ungkap Kondisi Internet Saat Ini

Jakarta (usmnewws) – Operator seluler mengungkapkan kondisi jaringan telekomunikasi, terutama akses internet, pada saat ini di saat aksi demo yang berlangsung di berbagai daerah.
Indosat Ooredoo Hutchison, Telkomsel, dan XLSmart menegaskan komitmennya untuk menjaga kualitas layanan demi memastikan masyarakat tetap bisa berkomunikasi tanpa hambatan.
Desmond Cheung, CTO IOH, menegaskan masyarakat harus selalu terhubung secara digital. “Indosat senantiasa berkomitmen menjaga kualitas layanan data dan seluler agar tetap prima dan optimal, termasuk di tengah kondisi saat ini,” ujar Desmond.
Indosat memantau jaringan 24/7 melalui DIOC berbasis AI/ML dan otomatisasi. Dengan pengelolaan proaktif dan real-time, pelanggan tetap bisa menikmati pengalaman digital yang andal kapan pun dan di mana pun.
Sementara itu, Telkomsel juga memastikan layanan komunikasi tetap aman dan lancar. Juanita Erawati, VP Global Network Operations Telkomsel, menyebut Telkomsel memantau jaringan penuh lewat NOC.
“Telkomsel melakukan pemantauan jaringan 24/7 secara penuh lewat Network Operation Center (NOC) Telkomsel dan menyiapkan langkah teknis preventif, mulai dari penyesuaian kapasitas jaringan di titik tertentu, pemantauan real-time menggunakan Autonomous Network berbasis AI untuk menghindari gangguan dan melakukan optimasi, hingga kesiagaan tim lapangan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Juanita.
Telkomsel menilai, akses komunikasi yang andal akan membantu masyarakat tetap terhubung, nyaman, dan produktif sehari-hari.
Dari sisi XLSmart, perusahaan juga menegaskan layanannya tetap normal. Reza Mirza, Group Head Corporate Communications & Sustainability XLSmart, menegaskan jaringannya saat ini berfungsi normal.
“Layanan XLSmart saat ini tetap berfungsi normal dan tidak mengalami gangguan. Kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam menggunakan layanan menjadi prioritas XLSmart,” ucapnya
XLSmart juga melakukan monitoring dan langkah antisipasi terhadap potensi gangguan agar aktivitas komunikasi pelanggan tetap berjalan lancar.