USM News
Guru MIPA SMPN 32 Semarang Belajar Coding Bareng Dosen TI USM

SEMARANG- Sebagai bentuk nyata dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen dari Program Studi Teknik Informatika bersama mahasiswa Universitas Semarang (USM) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMP Negeri 32 Semarang pada Kamis, 5 Juni 20225.
Kegiatan ini mengusung tema “Pelatihan Algoritma Python untuk Pembelajaran Berbasis Komputasi Bagi Guru MIPA di SMP Negeri 32 Semarang”.
Kegiatan ini dilakukan oleh Charis Maulana, S.Pd., M.Pd. sebagai ketua tim, dengan anggota Yulinda Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd., Whisnumurti Adhiwibowo, S.T., M.Kom., dan M. Dliya Ulami, S.Pd.I., M.Pd.I.
Pelatihan yang dilaksanakan pada 5 Juni 2025 ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru-guru MIPA melalui pemahaman dasar algoritma dan pemrograman menggunakan bahasa Python. Pelatihan dilaksanakan menggunakan platform Google Colab, sehingga peserta dapat langsung mempraktikkan materi yang diberikan secara interaktif dan efisien.
Para peserta pelatihan, yang terdiri dari guru-guru MIPA SMP Negeri 32 Semarang, tampak antusias mengikuti setiap sesi pelatihan. Materi yang disampaikan meliputi konsep algoritma dasar, pengenalan sintaks Python, hingga contoh penerapan pemrograman dalam konteks pembelajaran matematika dan IPA.
Ketua tim pelaksana PkM, Charis Maulana, menyampaikan bahwa pelatihan ini dirancang untuk membantu guru beradaptasi dengan teknologi pembelajaran modern.
“Kami berharap pelatihan ini menjadi langkah awal dalam membekali guru dengan keterampilan komputasi yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran abad 2,” ungkap Charis Maulana.
Sementara itu Plt. Kepala SMP Negeri 32 Semarang, Agusalim, mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kerja sama serupa dapat terus dilanjutkan di masa mendatang. Ia menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dan relevan dengan tantangan pendidikan di era digital.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan terjalin sinergi yang berkelanjutan antara perguruan tinggi dan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru, khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran.