Education
Eduwisata dengan Inovasi Teknologi 4D dan AR/VR

usmtv.id (usmnews) – Eduwisata mengalami revolusi yang menarik dengan penyatuan inovasi teknologi 4D serta Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). PT Garudafood Putra Putri Jaya (Garudafood) memimpin tren ini dengan memadukan edukasi dan hiburan melalui Wahana Kereta 4D. Sebuah langkah inovatif yang mengubah pandangan siswa dan pengunjung terhadap proses produksi pabrik menjadi pengalaman yang tidak hanya mendidik, tetapi juga menghibur.
Sejak tahun 2015, program kunjungan pabrik Garudafood telah menjadi pilihan eduwisata edukatif di tiga lokasi pabriknya, yaitu Pati, Gresik, dan Rancaekek. Namun, semangat inovasi terus berkobar, dan pada tanggal 28 Agustus 2019, peresmian “Gery X-Quest Factory” di Gresik menjadi tonggak awal baru dalam menyajikan kunjungan pabrik digital pertama di Indonesia.
Ferry Haryanto, Direktur Pemasaran PT Garudafood, menjelaskan bahwa di era otomasi ini, perusahaan ingin memberikan pengalaman eduwisata interaktif melalui pembelajaran edutainment. Konsep ini menciptakan perpaduan unik antara edukasi dan entertainment, memperkaya pemahaman siswa terhadap proses produksi pabrik dengan sensasi yang holistik dan berbeda.
“Gery X-Quest Factory” memanfaatkan teknologi era industri 4.0 dengan memperkenalkan siswa atau pengunjung pada dunia Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) melalui Wahana Kereta 4D. Kapasitas eduwisata wahana ini mencapai 30-40 orang per tahapan, yang berlangsung selama 2 jam. Waktu belajar yang terasa singkat ini diisi dengan animasi dan film 3D, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.
Selain memperkenalkan inovasi dalam pendidikan, Garudafood juga menunjukkan komitmennya terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengajak masyarakat sekitar pabrik untuk menunjukkan hasil kreasi dari daur ulang kemasan produk, hasil panen sayuran hidroponik, dan produk-produk vokasi. Hal ini sejalan dengan prinsip Triple Bottom Line perusahaan, yaitu keseimbangan kinerja keuangan (profit), hubungan sosial (people), dan lingkungan (planet).
Ferry Haryanto juga mengajak jaringan profesional pengusaha dalam CEO Business Forum (CBF) untuk berkontribusi dalam mendukung industri pariwisata Indonesia. Upaya ini diharapkan dapat menjadikan dunia industri lebih aktif dalam mendukung dan mengembangkan eduwisata di Indonesia. Garudafood berencana untuk terus mengembangkan eduwisata baru di pabrik dan menjajaki kolaborasi dalam agrowisata di Pati sebagai langkah menuju kontribusi positif pada sektor pariwisata Indonesia yang terus berkembang.
Update terus berita terkini! Kunjungi halaman usmtv.id